Lomba Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran
Tingkat Nasional Tahun 2009
Departemen Pendidikan Nasional berusaha secara kontinyu meningkatkan kemampuan
profesional guru dalam pembelajaran. Salah satu kegiatannya adalah
menyelenggarakan "Lomba Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran Tingkat Nasional".
Keberhasilan guru dalam pembelajaran tercermin dari hasil penelitian,
penelitian tindakan kelas, kajian, atau evaluasi dalam perencanaan,
pelaksanaan, dan penilaian proses dan hasil pembelajaran.
A. TEMA
Tema lomba adalah "Melalui Lomba Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran Kita
Tingkatkan Profesionalitas Guru sebagai Agen Pembelajaran yang Kreatif dan
Inovatif".
B. TUJUAN
1. Memotivasi guru untuk lebih berkreasi dan berinovasi dalam merencanakan,
melaksanakan, serta menilai proses dan hasil pembelajaran.
2. Mendorong guru untuk selalu meningkatkan kemampuan meneliti, mengkaji,
mengevaluasi, mengembangkan kreativitas, dan inovasi untuk menghasilkan
pembelajaran yang bermutu.
3. Menanamkan budaya, minat, bakat dan kebiasaan untuk pengembangan hasil
kegiatan pengembangan profesi baik lisan maupun tulisan secara baik dan benar.
4. Menyebarluaskan berbagai pengalaman guru yang berhasil meningkatkan mutu
pembelajaran, sehingga dapat dimanfaatkan dan dijadikan referensi bagi guru
lainnya.
C. LINGKUP LOMBA
Sesuai dengan proses seleksi di atas, karya lomba peserta harus mengacu kepada
hal-hal sebagai berikut:
1. Materi
Strategi pembelajaran untuk beberapa mata pelajaran pada satuan pendidikan:
1. SD untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, dan IPS. a
2. SMP untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, Matematika,
dan IPS.
3. SMA untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia,
Biologi, Matematika, Geografi, Sejarah, Ekonomi/Akuntansi, dan
Sosiologi/Antropolo gi.
2. Isi
1. Kegiatan penelitian, penelitian tindakan kelas, kajian, atau evaluasi yang
dilakukan oleh guru dan terbukti berhasil meningkatkan proses dan/atau hasil
pembelajaran.
2. Upaya nyata guru dan terbukti berhasil dalam meningkatkan kualitas
pembelajaran melalui kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian proses
dan hasil pembelajaran.
D. ASPEK YANG DINILAI
a. Keaslian atau orisinilitas naskah lomba yang dibuat oleh guru yang
bersangkutan, bukan jiplakan karya orang lain.
b. Bersifat inovatif, spesifik dan sesuai dengan karakteristik mata pelajaran,
latar belakang siswa serta situasi/kondisi tempat guru bertugas.
c. Naskah ditulis sesuai dengan kerangka penulisan hasil laporan penelitian,
kajian, atau evaluasi.
d. Hasil Pembelajaran atau kebermanfaatannya dalam meningkatkan mutu pendidikan.
E. PERSYARATAN PENULISAN NASKAH LOMBA
1. Lomba bersifat perseorangan.
2. Naskah lomba berupa hasil penelitian, penelitian tindakan kelas, kajian,
atau evaluasi yang dilakukan dan disusun secara ilmiah.
3. Peserta lomba hanya diperbolehkan mengirimkan satu naskah lomba yang sesuai
dengan bidang tugas yang menjadi tanggungjawabnya (bila mengirimkan lebih dari
satu naskah lomba dinyatakan gugur).
4. Surat pernyataan penulis, bahwa naskah lomba tersebut asli hasil karya
sendiri, bukan jiplakan, dan belum pernah dinilai pada lomba sejenis, baik di
dalam maupun di luar Departemen Pendidikan Nasional yang diketahui oleh kepala
sekolah.
5. Jumlah halaman sekurang-kurangnya 25 (dua puluh lima) halaman kertas
berukuran A4, tidak termasuk bagian awal dan lampiran-lampiran. 2
6. Diketik 2 (dua) spasi dengan menggunakan Bahasa Indonesia atau bahasa
Inggris yang baik dan benar.
7. Naskah lomba dijilid dan diberi sampul dengan ketentuan:
a. Warna merah untuk guru SD;
b. Warna biru untuk guru SMP;
c. Warna abu-abu muda untuk guru SMA;
F. KERANGKA ISI
1. Bagian awal
1) Halaman judul
a) Judul singkat, jelas, relevan dengan isi tulisan, dan diketik dengan huruf
kapital.
b) Nama penulis.
c) Kedudukan guru yang menyatakan keberadaan guru pada satuan pendidikan
SD/SMP/SMA dan mata pelajaran yang menjadi bidang tugasnya.
d) Tanggal penulisan.
2) Halaman pengesahan/persetuj uan kepala sekolah
Lembaran tersebut menyatakan pengesahan atau persetujuan kepala sekolah dengan
bukti tanda tangan, nama, NIP/NIGB/NIY (kalau ada) dan stempel sekolah yang
bersangkutan.
3) Kata Pengantar
4) Daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, dan daftar lampiran bila ada
5) Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris antara 200-300
kata
2. Bagian inti pembahasan
1) Pendahuluan
Pendahuluan berisi atau mengungkapkan antara lain hal-hal sebagai berikut :
a) Latar belakang
o Menggambarkan bahwa topik atau fokus permasalahan menarik dan relevan dengan
upaya peningkatan mutu pembelajaran
o Menunjukkan bahwa topik atau fokus permasalahan tersebut bersifat spesifik,
asli, dan belum pernah disajikan secara tertulis sebagai karya lomba
keberhasilan pembelajaran. 3
b) Rumusan masalah atau pertanyaan penelitian, kajian, atau evaluasi yang
menggambarkan ruang lingkup atau pembatasan kegiatan pembelajaran yang
dilakukan sesuai dengan topik atau fokus permasalahan.
c) Tujuan dan manfaat penelitian, kajian, atau evaluasi yang dilakukan.
Rumuskan secara rinci tujuan dan manfaat kegiatan penelitian, kajian, atau
evaluasi yang dilakukan.
d) Definisi konsep, definisi operasional, dan/atau kajian teoritis yang relevan.
2) Metodologi penelitian atau prosedur pembelajaran.
a) Metode penelitian atau prosedur pembelajaran. Jelaskan secara rinci prosedur
penelitian, penelitian tindakan kelas, kajian, atau evaluasi
pembelajaran/ bimbingan yang dilakukan.
b) Subjek penelitian, kajian, atau evaluasi. Jelaskan secara rinci pada kelas
berapa kegiatan pembelajaran/ bimbingan dilakukan, berapa banyak dan bagaimana
karakteristik siswanya.
c) Teknik pengumpulan data. Jelaskan teknik pengumpulan data, seperti dengan
tes, observasi, data sekunder, dan sebagainya.
d) Validasi instrumen penelitian, kajian, atau evaluasi. Jelaskan bagaimana
instrumen itu divalidasi, seperti uji validitas, validasi sejawat, atau
menggunakan instrumen yang terstandar.
e) Teknik analisis data. Jelaskan teknik analisis data, baik kuantitatif maupun
kualitatif.
3) Laporan hasil penelitian atau kegiatan pembelajaran
a) Hasil penelitian atau kegiatan pembelajaran.
b) Analisis hasil penelitian atau kegiatan pembelajaran.
4) Kesimpulan dan saran-saran
a) Kesimpulan utama yang dapat diambil dari kegiatan pembelajaran.
b) Saran-saran yang ditujukan baik kepada teman sejawat, pengelola pendidikan
atau berbagai pihak lain yang relevan.
4 3. Bagian Akhir
1) Daftar pustaka
2) Lampiran data-data yang diperlukan untuk menunjang kebenaran laporan
kegiatan, misalnya: data hasil belajar, instrumen pengukuran yang digunakan
program pembelajaran dan lain-lain.
3) Setiap naskah lomba supaya dilampiri biodata peserta yang disahkan oleh
kepala sekolah (contoh terlampir).
G. PERSYARATAN PESERTA
1. Peserta lomba adalah,
a. Guru Sekolah Dasar (SD) untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, IPA,
Matematika, dan IPS.
b. Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, Matematika, dan
IPS pada Sekolah Menengah Pertama (SMP).
c. Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia,
Biologi, Matematika, Geografi, Sejarah, Ekonomi/Akuntansi dan
Sosiologi/Antropolo gi pada Sekolah Menengah Atas (SMA).
2. Masih aktif mengajar pada sekolah negeri atau sekolah swasta di bawah
pembinaan Departemen Pendidikan Nasional, baik sebagai guru PNS maupun guru
bukan PNS.
3. Mempunyai masa kerja sebagai guru sekurang-kurangnya 4 (empat) tahun
dibuktikan dengan SK pengangkatan/ penugasan pertama sebagai guru.
4. Bagi yang pernah 2 (dua) kali menjadi pemenang Lomba Keberhasilan Guru dalam
Pembelajaran Tingkat Nasional baik Pemenang I, Pemenang II, maupun Pemenang III
dapat mengikuti kembali lomba ini setelah 5 (lima) tahun dihitung dari
kemenangannya yang terakhir.
H. WAKTU PELAKSANAAN
1. Penerimaan naskah lomba dimulai sejak tanggal 1 April 2009 dan paling lambat
tanggal 31 Agustus 2009 (cap pos).
2. Naskah lomba asli sebanyak 1 (satu) eksemplar dikirim kepada:
"Panitia Lomba Keberhasilan Guru Dalam Pembelajaran Tingkat Nasional"
Direktorat Profesi Pendidik
Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Departemen Pendidikan Nasional
Gedung D Lantai 14 Jl. Jenderal Sudirman Pintu I Senayan, Jakarta Pusat
Telp/Fax. (021) 57974123
I. PENGHARGAAN BAGI PEMENANG
Bagi pemenang lomba disediakan hadiah berupa uang dengan total nilai sebesar
Rp. 605.000.000, - (Enam ratus lima juta rupiah) dan piagam dari Menteri
Pendidikan Nasional.
J. KETENTUAN LAIN
1. Pada pojok kiri atas sampul pengiriman ditulis "GURU SEBAGAI PEMERSATU
BANGSA".
2. Finalis Lomba akan dipanggil ke Jakarta untuk mengikuti seleksi penentuan
pemenang lomba tingkat nasional pada bulan November 2009. Kegiatan ini
merupakan salah satu kegiatan dalam rangka peringatan Hari Guru Nasional tahun
2009.
3. Naskah yang masuk menjadi milik Panitia dan hak penerbitan naskah berada
pada Direktorat Profesi Pendidik, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik
dan Tenaga Kependidikan, Departemen Pendidikan Nasional.
No comments:
Post a Comment